Monday 6 March 2017

Cara Mencegah Kanker dan Cara Mengenali Kanker Sejak Dini

Cara Mencegah Kanker dan Cara Mengenali Kanker Sejak Dini - Pada abad ke-20 ini, kanker merupakan penyakit yang paling mematikan dan banyak menjangkit baik di kalangan muda maupun tua. Hal ini membuat kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah atau mengobati kanker. Namun karena banyaknya jenis kanker yang menyerang manusia saat ini, pencegahan dan pengobatannya pun berbeda, walaupun pada intinya setiap orang wajib melakukan hidup sehat agar terhindar dari kanker. Kanker telah banyak memakan korban kematian karena banyak jenis kanker yang tidak terlihat tanda-tandanya, sehingga penderita kanker baru mengetahuinya ketika sudah stadium dua atau tiga ke atas. Pengobatannya pun lebih sulit dilakukan apalagi mengingat biaya pengobatan kanker itu tidaklah murah dan butuh kesabaran karena harus melalui banyak tahap.
Kenali Kanker dan Cara Mencegahnya Sejak Dini
Cara Mencegah Kanker dan Cara Mengenali Kanker Sejak Dini - Untuk mencegah kanker, kita harus berhati-hati dalam segala hal. Tidak ada salahnya kita memperhatikan pola hidup kita mulai bangun tidur hingga tidur kembali, apakah pola hidup kita sudah tergolong sehat atau belum. Pola hidup di sini juga menyangkut mengenai pola makan serta lingkungan di sekitar kita. Untuk memulai pencegahan terhadap kanker, alangkah baiknya kita mengenali apa yang disebut kanker terlebih dahulu supaya kita tidak salah langkah.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal. Ada berbagai jenis kanker menurut lokasi dan tingkat keganasannya, seperti kanker darah, hati, lambung, lidah, payudara, rektum, dsb. Adapun menurut situs Wikipedia, kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan biologis, dan bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik yang disebut metastasis.

Berikut ini Cara Mencegah Kanker dan Cara Mengenali Kanker Sejak Dini:

1) Memeriksa faktor genetik
Keluarga atau keturunan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan seseorang. Banyak penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik/keturunan seseorang, termasuk kanker. Jadi, jika kita memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker, maka kita harus lebih hati-hati dan waspada terhadap kanker.
2) Mengurangi makanan yang dibakar atau diasapi
Masakan yang diolah dengan cara dibakar akan menghasilkan zat karsinogen atau pemicu kanker. Sehingga, menghindari makanan yang dibakar akan lebih baik.
3) Tidak menjadi perokok aktif maupun pasif
Menurut situs Dunia Kesehatan, kebiasaan merokok sangat tidak baik bagi kesehatan, tidak hanya beresiko kanker namun juga berbagai macam penyakit lainnya. Hal ini tidak hanya berlaku pada perokok aktif saja, perokok pasif justru memiliki risiko terkena kanker lebih besar.
4) Menghindari makanan yang mengandung vitsin dan pengawet
Saat ini banyak sekali jajanan yang mengandung pengawet dan vitsin berlebihan yang dijual bebas di pasaran. Jadi, mengonsumsi makanan olahan sendiri lebih baik karena kita tahu proses pengolahannya.
5) Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya serat dan antioksidan
Karena zat antioksidan sudah terbukti sebagai zat yang dapat mencegah kanker, maka mengonsumsi makanan yang mengandung zat antioksidan seperti buah dan sayur sangat dianjurkan.
6) Rutin berolahraga
Untuk menjalani gaya hidup sehat, orang tidak bisa terlepas dari olahraga. Selain dapat menghilangkan lemak jahat, olahraga juga dapat meningkatkan fisik serta daya tahan seseorang. Jika daya tahan tubuh seseorang kuat, maka sel kanker pun tidak dapat dengan mudah berkembang.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Tentang Cara Mencegah Kanker dan Cara Mengenali Kanker Sejak Dini

Dari beberapa kasus kanker, pengobatan yang dilakukan tiap orang tidaklah sama. Tergantung dengan kekebalan tubuh, stadium kanker, serta efek yang ditimbulkan melalui jenis pengobatan satu ke jenis yang lain. Ada yang berhasil sembuh dengan proses operasi atau kemoterapi saja, ada yang harus melakukan penyinaran atau radio-terapi, bahkan ada yang harus melakukan proses kemoterapi dan penyinaran berulang-ulang. Penyembuhannya sangatlah bermacam-macam dan berjangka waktu lama.
(Baca Juga: Misteri Gunung Arjuno)
Maka dari itu, sudah sepatutnya bagi kita yang masih diberi nikmat kesehatan untuk senantiasa bersyukur dengan cara menjalani pola hidup sehat sekaligus mengupayakan pencegahan kanker sejak dini baik bagi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat kita. Mengingat lingkungan yang sudah rawan akan timbulnya kanker seperti saat ini, mencegah kanker sedini mungkin sangatlah diperlukan. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Sumber:
Kamus Besar Bahasa Indonesia online.

Artikel Terkait