Tuesday 28 February 2017

Misteri Gunung Arjuno Terbaru dan Terseram (Wajib Tahu!)

Misteri Gunung Arjuno - Gunung Arjuno merupakan gunung yang memiliki ketinggian 3.339 Mdpl dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung Arjuno terletak di dua kota, yakni Malang dan Pasuruan. Pendakian bisa dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu dari Lawang, Purwosari, Batu, dan Tretes. Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang. Gunung ini juga sering menjadi objek pendakian. Anda akan melewati Gunung Welirang jika melakukan lewat jalur Tretes.  Di Gunung Welirang terdapat kawah belerang yang masih aktif. Ketinggian Gunung Wlirang ini lebih dari 3.000 Mdpl.
gunung-arjuno-dan-welirang-dan-penanggungan

Berikut ini Misteri Gunung Arjuno Terbaru dan Terseram

Di Gunung Arjuno banyak ditemukan petilasan peniggalan Kerajaan Singosari dan Majapahit yang tentu saja dapat membuat suasana di Gunung Arjuno terkesan cukup mistis. Petilasan-petilasan tersebut digunakan sebagai temmpat pertapaan. Beberapa petilasan diantaranya adalah yaitu Petilasan Eyang Abiyasa, Petilasan Eyang Sakri, Petilasan Eyang Semar, dll. Selain itu, salah satu tempat yang cukup mistis lainnya adalah Alas Lali Jiwo, yang merupakan sebuah hutan yang akan dijumpai saat hendak sampai di puncak Gunung Arjuno. Kono, katanya seorang yang mempunyai niat jahat akan tersesat di tempat ini dan dibawa ke alam jin untuk dikawinkan dengan bangsa jin. Entah benar atau tidak.
Misteri Gunung Arjuno - Selanjutnya adalah Pasar Dieng. Pasar Dieng merupakan sebuah dataran yang cukup luas yang dapat ditemui dalam pendakian sebelum mencapai puncak Gunung Arjuno. Konon, ketika pendaki bermalam di kawasan Pasar Dieng tersebut, mereka akan mendengar kegaduhan di malam hari yang terdengar seperti pasar. Namun setelah dilihat pada keesokan harinya, di sekitar tenda tidak ada apa-apa.
Setelah Pasar Dieng, kita akan menjumpai Petilasan Eyang Semar. Di petilasan tersebut tedapat semacam makam dengan sepasang payung berwarna emas dan patung Semar. Sampai sekarang, masih bnayak masyarakat yang datang ke petilasan tersebut untuk berziarah atau sekedar beristirahat setelah melakukan pendakian.

Selanjutnya Tentang Misteri Gunung Arjuno Terbaru dan Terseram

Kemudian, kita akan sampai di Mahkutoromo. Petilasan ini merupakan pos 5 dalam jalur pendakian Gunung Arjuno. Para pendaki biasanya lebih memilih bermalam di kawasan ini. Di kawasan ini terdapat sumber air yang bisa kita gunakan untuk minum serta memasak perbekalan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat sebuah gubuk yang ukurannya lumayan besar. Gubuk ini dibuat oleh juru kunci Gunung Arjuno yang tinggal di sana. Tepat di sebelah gubuk, terdapat sebuah petilasan entah apa namanya. Di petilasan tersebut terdapat berbagai macam bendera warna hijau, juga arca yang berjumlah lima buah.
Misteri Gunung Arjuno - Hal unik lain yang terdapat di Gunung Arjuno adalah terdapat anjing (para pendaki memanggilnya Siro) yang akan mengikuti pendaki selama pendakian. Siro tidak liar seperti anjing hutan lainnya. Selain itu, Siro akan menunjukkan jalan meunju puncak Gunung Arjuno kepada para pendaki. Sebaliknya, para pendaki juga akan memberinya sedikit perbekalan untuk Siro.
Kepercayaan mengenai hal-hal mistis memang masih sangat kental pada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat pulau Jawa. Mau percaya atau tidak, kepercayaan tersebut merupakan cerita yang diperoleh secara turun-temurun di masyarakat. Meskipun terkenal angker, niat para pendaki tidak pernah surut untuk melakukan pendakian ke puncak Gunung Arjuno. Tidak berbeda dengan gunung-gunung lain, setiap gunung pasti memiliki cerita atau mitos tersendiri, termasuk dengan misteri yang ada di Gunung Arjuno yang telah diketahui masyarakat luas. Entah benar atau tidak, kita harus menjaganya karena petilasan-petilasan tersebut merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita sebagai identitas dan jati diri bangsa.
Mari Sebarkan Kebaikan Meskipun Hanya Sedikit!

Artikel Terkait