Monday 23 January 2017

Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot (Work!)

Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot (Work!)

Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot – Hai sobat MIUers, berhubung banyak sekali pengguna HP Redmi Note 3G yang mengeluh karena HP-nya mengalami Softbrick, Bootloop atau bahkan gagal flash via Recovery atau TWRP, kali ini saya akan berbagi tips tentang Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot. Dengan melakukan Flashing Redmi Note 3G via Fastboot, masalah-masalah pada HP yang terkait dengan software bisa dengan mudah diatasi, seperti, HP mengalami freezing, crash, aplikasi macet, atau bahkan bootloop. Flashing Redmi Note 3G via Fastboot ini juga bisa dijadikan sebagai langkah pamungkas jika kita mengalami kegagalan saat melakukan Flashing Redmi Note 3G via Recovery atau TWRP yang ditandai dengan munculnya pesan E: Unable to mount ‘/data’ di layar HP. Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot ini sudah saya coba sendiri saat HP Redmi Note 3G saya belum terpasang TWRP, dan It Works Perfectly.
cara flashing redmi note 3g via fastboot

Jika Anda belum tahu apa itu Fastboot untuk Redmi Note 3G, silakan pelajari terlebih dahulu penjelasan lengkap tentang Fastboot untuk Redmi Note 3G di Everything about Fastboot for Redmi Note WCDMA. Jika sobat MIUIers sudah bertekad kuat untuk melakukan Flashing Redmi Note 3G via Fastboot, baca panduan langkah demi langkah yang saya jelaskan di artikel ini dengan teliti, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa pula untuk menyiapkan semua alat tempur yang saya sebutkan di bawah. Saya juga tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat  melakukan Flashing Redmi Note 3G via Fastboot yang saya jelaskan di artikel ini, jadi Do It With Your Own Risk.
Note: Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot ini hanya bisa digunakan di Window PC, tidak di MAC.


Alat Tempur untuk Flashing Redmi Note 3G via Fastboot


1) Xiaomi USB Driver (Pilih Xiaomi Redmi Note) atau VCOM Driver (Jika driver ini tidak berfungsi, cari sendiri di Google ya)
2) SP Flash Tool versi 5.1628: Download (Windows), Download(Linux 64 bits)
3) ROM Fastboot (Link download ada di bawah ya)
4) Redmi Note 3G WCDMA
5)  Laptop atau PC
6) Kabel data USB Xiaomi

Link Download Fastboot ROM
ROM ini khusus untuk Redmi Note 3G WCDMA (HM NOTE 1W)


Versi ROM
Ukuran
Negara
V7.5.2.0 KHDMIDE (MIUI 7.5)
825 MB
All
838 MB
All
821 MB
All
713 MB
Malaysia
669 MB
Singapore
642 MB
India
611 MB
Indonesia
1.4 GB
Malaysia
1.3 GB
Singapore
596 MB
India
Note:
1.    Untuk ROM Fastboot versi terbaru, klik di sini (Harus punya akun Miui).
2.    Jika file Scatter tidak ada di folder ROM Fastboot, download file-nya di MT6592_Android_scatter.txt 
Penting: 
·         Jangan lupa untuk mem-Backup data dan file-file Anda sebelum melakukan Flashing Redmi Note 3G via Fastboot, karena data Anda akan dihapus secara permanen selama proses flashing!
·         Download alat tempurnya di link yang sudah saya berikan di atas.
·         Tidak diperlukan Fastboot Mode untuk metode flashing ini.
·   Motode Flashing Redmi Note 3G via Fastboot ini bisa digunakan untuk unbrick hp yang mengalami softbrick!
·         Untuk panduan tentang instalasi driver di Windows XP dan 7, klik di sini.
·         Untuk panduan tentang instalasi driver di Windows 8 atau 8.1, klik di sini.
·         Untuk panduan tentang instalasi driver di Windows 10, klik di sini.

Prosedur Flashing Redmi Note 3G via Fastboot:

Setelah semua bahan-bahan atau alat tempur sudah siap, saatnya kita eksekusi. Ikuti langkah di bawah ini dengan teliti ya.
Langkah 1: Download Driver USB untuk Android, lalu instal sesuai petunjuk pada link di atas untuk menginstal VCOM Driver.
Note: Jika driver di atas tidak berfungsi, coba cari sendiri di Google ya. Penulis tidak bertanggung jawab jika HP Anda rusak karena salah memilih driver.
Langkah 2: Matikan HP Redmi Note 3G Anda lalu lepas baterainya. Jika baterai tidak dilepas, pastikan kapasitas baterai minimal masih 50%. Saya lebih menyarankan agar baterai dilepas, karena lebih aman.
Langkah 3: Download ROM Fastboot lalu ekstrak ke PC.
Langkah 4: Download dan ekstrak SP Flash Tool versi 5.1628 ke PC.
Note: Jika SP Flash Tool berformat tgz dan tar, Anda harus mengekstraknya 2x agar mendapatkan folder aslinya.
Langkah 5: Klik kanan Flash_tool.exe lalu klik Run as adminstrator.
Langkah 6: Setelah SP Flash Tool berjalan, klik bagian Scatter Loading.
Langkah 7: Cari file Scatter dengan nama "MT6592_Android_scatter.txt" di folder ROM Fastboot yang sudah Anda download. Letaknya bisa di folder paling luar atau di dalam folder “images.
cara mengatasi hp bootlop

Note: Jika Anda tidak ingin menghapus data di memori internal HP, hilangkan centang di bagian "USRDATA" 
Langkah 8: Sekarang klik bagian Download seperti pada gambar di bawah ini.
Note: Aplikasi mungkin akan lag atau hang sebentar, karena SP Flash Tool sedang mencoba menemukan HP Anda.
cara mengatasi hp matot

Langkah 9: Setelah mengeklik Download, segera sambungkan HP ke PC menggunakan kabel data USB, lalu segera tekan tombol volume up sekali atau dua kali.
Note: Cabut kabel data dari HP lalu sambungkan lagi HP ke PC jika tidak muncul Red Bar (Bar Merah) di bagian bawah SP Flash Tool.
cara mengatasi hp terkena softbrick

Langkah 10: Setelah HP terdeteksi, akan muncul Red Bar (Bar Merah) di bagian bawah SP Flash Tool yang berganti dengan Yellow Bar (Bar Kuning). Tunggu sampai Yellow Bar (Bar Kuning) mencapai batas kanan SP Flash Tool. Lihat gambar di langkah 11.
Langkah 11: Jika langkah 10 selesai, akan muncul tanda centang hijau besar yang menunjukkan proses Flashing Redmi Note 3G via Fastboot berhasil (lihat gambar di bawah).
cara mengatasi e: unable to mount ‘/data'

Langkah 12: Pasang kembali baterai lalu nyalakan HP.
Langkah 13: Proses penyalaan HP saat pertama kali biasanya membutuhkan waktu minimal 2-3 menit, bahkan bisa lebih. Jadi sabar ya bro.
Langkah 14: Jika gambar di bawah ini muncul, artinya proses Flashing Redmi Note 3G via Fastboot sudah berhasil! Selamat, kini HP Anda sudah sembuh.
cara flashing redmi note 3g via twrp

Setelah proses Flashing Redmi Note 3G via Fastboot sudah berhasil, saatnya untuk melakukan root. Bagi beberapa pengguna Android, root sangat diperlukan karena bisa memberikan akses penuh ke sistem Android.
Selain memberikan keuntungan, root juga memberikan risiko tersendiri yang bisa jadi membahayakan HP Android Anda. Salah satunya adalah rentan terhadap serangan virus. Karena root memberikan akses penuh ke sistem Android, virus bisa dengan mudah masuk ke sistem paling dasar, sehingga bisa dengan mudah mengendalikan HP secara penuh. Efek yang ditimbulkan bisa berupa HP Android instal aplikasi sendiri, seperti yang pernah dialami oleh banyak pengguna Android beberapa bulan yang lalu.
Itu tadi langkah demi langkah tentang Cara Flashing Redmi Note 3G via Fastboot. Jangan lupa untuk selalu mem-backup data Anda sebelum melakukan flashing, dan Do It With Your Own Risk. Greeting MIUIers! 
Baca JugaCara Flashing Redmi Note 3G via TWRP (100% Work!)
Tags: cara flashing redmi note 3g via fastboot, cara flashing redmi note 3g via twrp, cara flashing redmi note 3g via recovery, cara flash redmi note 3g, cara flash android redmi note 3g, cara install ulang redmi note 3g, download fastboot redmi note 3g, download sp tool, cara mengatasi hp bootlop, cara mengatasi hp matot, cara mengatasi e: unable to mount ‘/data’, cara mengatasi hp terkena softbrick

Artikel Terkait

34 komentar