Sunday 12 June 2016

Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru

Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru - Setelah sebelumnya saya membahasa tentang 7 Kelebihan Android Marshmallow Terbaru, kini saya akan membahas tentang cara mengatasi masalah yang kerap terjadi di Android, yakni Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru. Di zaman yang sudah modern ini, sudah sangat banyak smartphone berbasis sistem Android yang dipasarkan di negara Indonesia, mungkin lebih dari 50% penduduk negara Indonesia sudah menggunakan Smartphone Android, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa dan mungkin yang sudah lanjut usia pun turut menggunakannya.

Karena Android termasuk sistem operasi yang tergolong terbaru, ada beberapa pengguna yang belum memahami fitur-fitur mutakhir dan canggih yang ada di Android. Banyak pula pemilik HP Android yang sering mengeluh karena HP Android-nya menjadi lelet dan lemot. Lha kok bisa? Bagaimana gak lemot coba? dengan memori yang kecil, diinstal lebih dari 20 aplikasi yang cukup berat pula.

Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru

Ditambah lagi, terdapat beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background, sehingga mengakibatkan beberapa aplikasi terinstal sendiri tanpa perintah dan sepengetahuan pemilik. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi yang dulunya pernah kita instal mengandung adware atau semacam virus yang memerintahkan HP Android men-download dan menginstal aplikasi sendiri secara otomatis.

Fenomena HP Android instal aplikasi sendiri juga bisa karena HP sudah terinfeksi virus seperti Monkey Test dan Time Service yang akhir-akhir ini banyak dialami oleh pengguna HP Android merek Samsung. Awalnya mungkin tidak memberikan efek yang signifikan, namun, lama kelamaan fenomena ini akan membuat kita stres. Bagaimana tidak, virus jenis ini akan memerintahkan HP Android kita untuk terus mendownload dan menginstal aplikasi tanpa kita sadari sampai kuota internet kita habis. Jika dibiarkan terus-menerus, akan memengaruhi kestabilan ekonomi negara, khususnya kantong kita.


Baca juga: 7 Kelebihan Android Marshmallow

Di sisi lain, virus Monkey Test dan Time Service atau jenis lainnya yang serupa tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Hal ini karena virus ini langsung menginjeksi bagian sistem dari HP Android kita. Sehingga, sekalipun kita melakukan Factory Reset pada HP, virus ini tidak akan hilang. Nah, di artikel ini, saya akan membagikan Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru. Ayo sobat..Langsung ke TKP...

Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru

Jika HP Android Anda tiba-tiba men-download dan menginstal aplikasi sendiri, jangan panik dan jangan terburu-buru membawanya ke counter atau tempat servis HP, karena Anda masih bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri tanpa perlu mengeluarkan biaya dan dengan mudah tentunya. Inilah caranya:

1. Instal ESET Mobile Security & Antivirus

ESET Mobile Security & Antivirus adalah salah satu aplikasi antivirus yang sejauh ini dinilai sangat ampuh dalam memberantas virus-virus di Hp Android, terutama masalah Adware yang amat mengganggu. Rumornya, hanya antivirus ESET-lah yang mampu mendeteksi Adware dan virus di HP Android.
Untuk proses Berikut langkah – langkahnya:
1. Pertama download & instal aplikasi ESET Mobile Security langsung di Google Playstore
2. Jika sudah terinstal, buka aplikasi ESET Mobile Security kemudian pilih Antivirus, ubah Scan Level menjadi Deep lalu pilih Scan Device dan tunggu prosesnya hingga selesai.
3. Jika pada di Hp Android kita ada virusnya atau ada aplikasi yang dianggap berbahaya, maka akan muncul peringatan seperti pada gambar di bawah, pilih Resolve All.
Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru

4. Jika ada bagian yang tidak bisa dihapus dengan metode Resolve All, maka lakukan langkah No. 2 berikut ini.



Lebih Lanjut Tentang Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru

2. Masuk Ke Safe Mode dan Hentikan Aplikasi

Setelah menyelesaikan proses Deep Scan dan ditemukan adanya aplikasi berbahaya yang tidak bisa dihapus (Unresolved Threats), maka cara yang paling ampuh mengatasi Android instal aplikasi sendiri adalah dengan cara menghentikan service/aplikasi.
Berikut ini caranya:
1. Pertama-tama, restart Hp Android Anda dan masuk ke Safe Mode, untuk masuk ke Safe Mode, satu HP dengan hape lainnya memiliki cara yang berbeda-beda, tergantung dari tipe/merk HP itu sendiri. Jadi, silahkan Googling saja ya.
2. Di contoh ini, saya menggunakan HP Samsung Galaxy Grand 2 dan cara masuk ke Safe Mode adalah dengan menekan tombol shut down atau matikan HP lalu restart lagi namun tetap tekan terus tombol Power sampai muncul logo/tulisan Galaxy Grand, kemudian lepas tombol Power dan tekan tombol Volume Down sampai berhasil restart.
3. Jika Anda sudah berhasil masuk ke Safe Mode, maka akan terdapat tulisan Safe Mode di bagian bawah kiri layar HP.
4. Lalu cari aplikasi yang harus di dihentikan berdasarkan hasil scan ESET sebelumnya. Kali ini, untuk kasus yang saya hadapi adalah FirewallService dan SecurityService.
Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri Terbaru


5. Caranya buka Menu Setting atau Pengaturan, kemudian buka tab ALL, lalu cari aplikasi yang ingin dihentikan. Jika sudah ketemu, pilih Force Stop atau Turn Off. Lakukan langkah ini untuk semua aplikasi berbahaya yang ditemukan selama melakukan Deep Scan menggunakan ESET Mobile Security.
Terakhir, restart HP Android dalam keadaan normal (seperti biasanya) dan coba periksa kembali apakah aplikasi yang sudah kita matikan tadi masih berjalan atau tidak. Dari pengalaman saya saat menghentikan aplikasi melalui Safe Mode, semua aplikasi bandel tersebut tidak pernah berjalan lagi.
Itu tadi beberapa cara atau metode yang bisa kita lakukan untuk Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri tanpa kita ketahui dan tanpa izin kita. Jika cara di atas tidak berhasil, cara terakhir yang bisa kita tempuh adalah melakukan Flash ulang.

Motto: Mari sebarkan kebaikan meskipun hanya sedikit.

Artikel Terkait