Sunday 22 May 2016

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10

Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10 – Hi sobat RedaksiID, pernahkah saat Anda menginstal satu aplikasi di Windows 8 dan Windows  10 dan ternyata muncul peringatan An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0). Peringatan tersebut muncul karena Windows 8 dan Windows 10 di PC kita belum terinstal .Net Framework 3.5 yang diperlukan oleh salah satu aplikasi yang akan kita instal. Di sisi lain, masalah tersebut terkadang tidak teratasi meskipun kita telah mendownload .Net Framework Offline Installer dari Microsoft. Untuk itulah, kali ini RedaksiID akan berbagi tips tentang cara mengatasi An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) atau Cara Instal .Net Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8
Pada dasarnya, DVD Windows 8 dan Windows 10 sudah dibekali dengan fitur .Net Framework 3.5. Namun fitur tersebut tidak otomatis terinstal atau teraktifkan secara otomatis saat kita menginstal Windows 8 dan Windows 10. Kita harus menginstal atau mengaktifkannya secara manual. Di artikel kali ini, saya akan membagikan 2 cara mengatasi An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) atau Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10. Anda bisa memilih cara manapun yang Anda sukai. Saya sarankan Anda menggunakan cara kedua karena sudah terbukti berhasil.


Berikut adalah Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10 atau Cara Mengatasi An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) di Windows 8 dan Windows 10.

CARA PERTAMA
1. Klik tombol Windows di keyboard lalu ketikkan Control Panel lalu tekan Enter.
Cara Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8

2. Di bagian Control Panel, pilih Program.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

3. Pilih Turn on Windows features on or of.
Turn on Windows features on or of

4. Pilih atau centang bagian-bagian seperti pada gambar di bawah ini lalu klik OK.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8.1

Jika cara pertama di atas tidak berhasil, cobalah cara kedua seperti berikut ini.

Selanjutnya Tentang Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10 atau Cara Mengatasi An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) di Windows 8 dan Windows 10.


CARA KEDUA
Siapkan OS Windows 8 dan Windows 10 yang Anda gunakan untuk menginstal Windows 8 dan Windows 10, bisa dari USB maupun DVD.
1. Masukan DVD Installer Windows 8 dan Windows 10 ke DVD Drive atau sambungkan Flashdisk Installer Windows 8 dan Windows 10 ke port USB.
2. Buka direktori DVD atau USB Installer Tersebut.
3. Buka folder Source lalu pilih folder sxs
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

4. Kopi folder sxs  tersebut beserta isinya ke direktori C:
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

5. Selanjutnya Klik tombol Windows di keyboard lalu ketikkan cmd.
6. Klik kanan pada menu Command Prompt lalu klik pilihan Run as administrator di menu bagian bawah.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

7. Jika Command Prompt sudah terbuka, salin perintah di bawah ini dan paste-kan ke Command Prompt


Note: Klik kanan pada bagian "Klik Di Sini" lalu arahkan kursor ke bagian script dan klik kanan, lalu pilih "Copy"
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

Perhatian: Huruf C (warna merah) adalah lokasi direkori folder sxs yang sudah kita kopi di langkah nomor 4.
Tunggu beberapa saat sampai area yang saya tandai kuning menunjukkan 100.0% dan muncul tulisan The operation completed successfully.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

Namun, jika Command Promp menampilkan pesan Error: 0x800f081f seperti di bawah ini, itu artinya file di folder sxs sobat sudah rusak.
Cara Install .NET Framework 3.5 di Windows 8

Untuk mengatasinya, silakan unduh folder sxs di sini.

NB: folder sxs yang saya sertakan tersebut adalah untuk Windos 8 Pro dan sudah teruji tidak ada masalah atau error. Jadi, jika  OS yang Anda gunakan bukan Windows 8 Pro, sebaiknya jangan gunakan folder sxs di atas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Itu tadi tips tentang cara mengatasi An app on your PC needs the following Windows feature: .Net Framework 3.5 (Includes .Net 2.0 and 3.0) di Windows 8 dan Windows 10 atau Cara Instal .Net Framework 3.5 di Windows 8 dan Windows 10 yang bisa RedaksiID bagikan kali ini. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Artikel Terkait